Thursday 15 October 2015

Jenis dan Sifat Tanah di Indonesia

Jenis dan Sifat Tanah di Indonesia
Tanah Vulkanik yaitu tanah yang terbentuk dari proses pelapukan material atau bahan-bahan gunung api, misalnya pasir, kerikil, dan abu vulkanik. Tanah seperti  ini sangat subur. Tanah seperti ini banyak terdapat di pulau Jawa, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara, hingga Maluku.

 tanah vulkanik
 
Tanah Kapur yaitu tanah yang terbentuk dari batu kapur yang mengalami pelapukan. Tanah kapur banyak terdapat di Gunung Kidul (Yogyakarta) dan cocok untuk tanaman jati.

 tanah kapur
 
Tanah Alluvial yaitu tanah yang terbentuk dari
lumpur yang terbawa air sungai, lalu diendapkan. Tanah ini kaya akan unsur-undur hara yang dibutuhkan tanaman. Tanah ini pun banyak terdapat di hampir seluruh wilayah Indonesia.

 tanah alluvial

Tanah Gambut yaitu tanah yang terbentuk dari bahan organik berupa hutan atau rumput-rumputan yang terendam air sehingga mengalami penghancuran. Tanah seperti ini banyak tersebar di daerah pantai timur Sumatra, pantai Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan papua.

 tanah gambut

Tanah Grumosol yaitu tanah yang bahyak terdapat di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 2.000 m diatas perrmukaan laut. Tanah ini tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, dan Sulawesi Selatan.

Tanah Podzolik yaitu tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan yang mengandung kuarsa. Pembentukan tanah ini didukung oleh curah hujan tinggi, suhu rendah, dan banyak tumbuh-tumbuhan. Tanah seperti ini banyak tersebar di Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Pulau Bangka, Pulau Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Papua..

Tanah Latosol : tanah seperti ini banyak terdapat di daerah bergelombang, berbukit hingga bergunug-gunung. Tanah seperti ini tersebar di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Tengah, dan Papua.

1 comment:

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete